
Budget Clair Obscur Expedition 33 – https://natasya.web.id/ Dalam 1 bulan terakhir ini, game Turn Based baru berjudul Clair Obscur Expedition 33 ramai menjadi perbincangan di komunitas Gamer. Game buatan developer Sandfall Interactive ini berhasil memberikan keunikan dan juga keseruan sehingga memberikan pengalaman bermain terbaik.
Dilihat dari kualitas gamenya, banyak orang mengira game ini memiliki budget pengembangan yang besar untuk sebuah game AA. Ternyata dugaan itu salah karena pihak Publisher baru saja mengungkap seberapa besar budget untuk pembuatan game ini. Seberapa besar budget-nya?
Budget Clair Obscur Expedition 33 Tidak Banyak untuk Sebuah Game AA
Dalam sebuah interview eksklusif GamesIndustry bersama dengan François Meurisse (COO dan Producer Sandfall Interactive) dan Matthew Handrahan (Portfolio Director Kepler Interactive), ada banyak informasi menarik diungkap seputar kesuksesan dari game Clair Obscur Expedition 33. Dia juga mengungkap informasi seputar gambaran seberapa besar budget yang diperlukan dalam pembuatan game ini.
Ketika ditanya seberapa besar budget yang dibutuhkan dalam membuat game Clair Obscur Expedition 33, Handrahan dan Meurisse tidak mengungkapnya secara detail dalam nilai angka. Namun Meurisse menjelaskan bahwa banyak orang memprediksi kalau game mereka memiliki budget dengan angka yang banyak, padahal aslinya tidak seperti itu.
Matthew Handrahan lalu menjelaskan bagaimana banyak orang ingin tahu seberapa besar budget yang mereka butuhkan untuk membuat game ini dan dia tidak bisa mengatakannya ke publik. Namun dia menjamin kalau ada 10 orang yang menebak berapa budget game ini, dia rasa 10 orang tersebut akan salah menebaknya.
Lalu Handrahan mengatakan budget Clair Obscur Expedition 33 tidak lebih dari proyek game Mirror’s Edge dan juga Vanquish.
Kutukan Game AA bagi Developer
Matthew Handrahan juga menceritakan bagaimana beberapa orang telah mencoba membagikan prediksi mereka ke timnya ketika memulai pengembangan. Mereka mengatakan pembuatan game AAA seperti ini rumit. Bahkan mereka juga menjelaskan ada semacam kutukan terhadap pengembangan Game AA yang sering dialami oleh developer dan publisher ketika membuatnya.
Meskipun begitu, Handrahan dan timnya merasa tidak terlalu peduli dengan pertimbangan pasar terhadap Game AA. Dia kemudian menambahkan game AA seperti A Plague Tale, Mortal Shell, dan Hellblade telah membuktikan bahwa game yang dibuat oleh tim kecil kurang dari 50 orang bisa menghasilkan game yang luar biasa dengan eksekusi yang sangat baik.
Itulah informasi mengenai budget Clair Obscur Expedition 33 ternyata tidaklah banyak bahkan tidak melebih game AA lain seperti Mirror’s Edge dan Vanquish. Bagaimana menurut kalian dengan informasi ini?